Jumat, 05 April 2013

KOPI DAPAT MENCEGAH BEBERAPA PENYAKIT

Banyak orang beranggapan bahwa minum kopi tidak baik bagi kesehatan, karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyebabkan serangan jantung dan tekanan darah tinggi.
Tetapi pada kenyataanya, bahwa itu semua tidaklah mutlak benar adanya, kopi juga memiliki beberapa senyawa dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dan menurut beberapa penelitian, kandungan antioksidan di dalam kopi lebih tinggi daripada kandungan antioksidan yang ada di dalam buah dan sayuran. Jika kita meminum kopi secara teratur serta tidak lebih dari 2-3 cangkir sehari akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.
Berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan :
  1. Mengurangi depresi pada wanita
Wanita yang meminum kopi secara teratur 2-3 cangkir sehari akan dapat mengurangi resiko depresi hingga 15% sementara wanita yang meminum kopi 4-5 cangkir sehari dapat mengurangi resiko depresi hingga 20%.
  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menakutkan bagi orang-orang berusia lanjut. Penyakit ini menyerang memori otak sehingga seseorang yang menderita penyakit ini berisiko kehilangan ingatan. Pada penelitian yang dilakukan pada orang dewasa berusia 65 tahun yang pelupa, selama 4 tahun mereka diharuskan minum kopi secara teratur setiap hari, dan setelah 4 tahun lebih, pelupa yang mereka alami tidak berkembang menjadi penyakit alzheimer.
  1. Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
Meminum 2 – 3 cangkir kopi sehari tidak akan meningkatkan resiko serangan jantung. Bahkan dengan minum kopi secara teratur akan mengurango resiko serangan jantung dan stroke. Dapal penelitian pada sekitar 83,000 wanita usia 34 tahun yang minum kopi 2-3 cangkir sehari, memiliki resiko serangan jantng dan stroke 19% lebih rendah daripada wanita yang tidak minum kopi.
  1. Mengurangi resiko kanker payudara
Bagi seorang wanita yang mendekati masa menopuse dan secara teratur minum 4 cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko kanker payudara sebesar 38%. kopi terdiri dari phytoestrogens dan flavonids yang dapat menahan pertumbuhan sel kanker.
  1. Melindungi gigi
Dengan minum secangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko kanker mulut. Disamping kopi mengandung kafein tinggi yang dapat menghalangi bakteri penyebab gigi berlubang.
Itulah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan. Sebagai tambahan, sangat perlu diketahui bahwa kopi juga memiliki efek negatif bagi kesehatan jika diminum berlebihan, karena kafein yang terkandung dalam kopi adalah perangsang untuk meningkatkan sistem kardiovaskuler seperti jantung berdebar-debar, insomnia, sakit kepala dan gangguan alin. Kami menyarankan untuk minum kopi tidak lebih dari 3 cangkir sehari dan diminum pada pagi, siang dan sore hari.

0 komentar: