Sabtu, 23 Februari 2013

AGAR KANDUNGAN DI USIA KEHAMILAN MUDA LEBIH KUAT

Menjaga kehamilan muda sangat penting, apalagi untuk ibu dengan kehamilan pertama mereka. Awal kehamilan harus sangat diperhatikan karena pada periode ini, janin masih sangat rapuh dan reisko keguguran masih sangat besar. Prosentase keguguran pada awal periode kehamlan sangatlah tinggi, bisa mencapai 40%. Beberapa keguguran berhubungan dengan abnormalitas seperti leukemia, faktor hormonal dan lain sebagainya. Ibu yang terlihat sangat sehat bukan berarti terhindar dari berbagai masalah yang dapat menyebabkan keguguran.agar kandungan anda kuat di usia kehamilan muda,dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda baca !

1. Periksakan kadar hormon progesteron
Hormon progesteron yang diproduksi pada minggu-minggu awal kehamilan sangat penting untuk membantu menguatkan dan menjaga janin agar tetap menempel di dinding rahim. Kadar hormon progesteron pada ibu hamil agar janin yang ada di dalam kandungan dapat terjaga dengan baik adalah lebih dari 18,9. Resiko keguguran akan semakin tinggi jika kadar hormon progesteron semakin rendah pada trimester pertama kehamilan.
2. Berhenti menyusui
Saat Anda telah dinyatakan positif hamil namun masih menyusui, segera hentikan. Karena saat Anda menyusui, maka akan terjadi kontraksi di dalam rahim sehingga bisa membahayakan janin yang masih berusia muda dan ukurannya sangat kecil. Kontraksi rahim yang berlebihan bisa menyebabkan isinya keluar.
3. Hindari pemakaian sepatu hak tinggi
Sepatu hak tinggi memang banyak menjadi pilihan para wanita karena dianggap dapat membuat wanita tampil lebih cantik. Namun Anda harus meninggalkannya saat sedang hamil. Tips kehamilan ini bertujuan jelas untuk mengurangi resiko terjadinya keguguran karena posisi kaki ibu hamil yang kurang sempurna atau lebih cepat lelah. Selain itu resiko terjatuh dengan pemakaian sepatu hak tinggi juga lebih besar.
4. Konsumsi makanan yang bergizi
Bagaimana pun kehati-hatian Anda dalam menjaga kehamilan tetap belum cukup jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan gizi mulai dari karbohidrat, protein dan vitamin dengan mengkonsumsi aneka makanan seperti daging, telur, sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Dengan menjalankan tips kehamilan ini akan sangat membantu kesehatan janin dan juga kekuatan kandungan terutama trimester pertama.

0 komentar: