Sabtu, 23 Februari 2013

ANDA HARUS CERMAT DI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN

Kehamilan memang membuat perempuan menjadi lebih sumringah. Tetapi itu awalnya saja, ketika baru melihat tanda positif di test pack. Sesudah itu, bersiaplah menghadapi segala perubahan yang terasa pada tubuh Anda. Semuanya terasa aneh dan semakin lama semakin mengganggu. Anda jadi tidak mampu bergerak secepat biasanya. Inginnya tidur saja. Aroma makanan favorit Anda malah bikin Anda mual.yah inilah trimester pertama pada kehamilan.
Sangat penting bagi ibu hamil untuk mencermati segala sesuatu yang dialami dan rasakan, karena fase trimester pertama adalah masa di mana sel telur yang telah dibuahi terbentuk dan terus bertumbuh menjadi janin,bagi anda calon ibu mari mencermati bersama beberapa hal penting dalam trimester pertama kehamilan anda.

Morning sickness
Ini adalah gejala umum yang muncul ketika anda mulai hamil. Gejala yang yang tidak nyaman ini terjadi karena hormon dalam tubuh Mama sedang mengalami perubahan dan persiapan untuk menopang kehamilan selama 9 bulan lebih. anda menjadi lebih sering buang air kecil, jantung terasa berdebar, dan perut mual. Kadar morning sickness berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga berat. anda tidak perlu khawatir, karena pada umumnya gejala ini muncul hingga akhir trimester pertama saja. Bentuklah keyakinan Mama bahwa kehamilan adalah sebuah anugerah dan masa yang menyenangkan. Sehingga anda akan memiliki pola pikir yang positif selama masa kehamilan terutama di trimester pertama ini. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering supaya Mama tidak mual dan muntah.
ingat jangan lupa sediakan selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah di dekat samping tempat tidur. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan.

Perubahan Emosi
Tidak jarang anda akan merasa sangat labil, karena pada masa ini emosi anda para ibu hamil menjadi mudah berubah-ubah. andamenjadi lebih mudah tersinggung, suasana hati tidak menentu, bahkan mudah menangis. Hal ini bisa dipicu karena perasaan anda yang masih campur aduk karena merasa gembira, antusias, sekaligus bingung. anda perlu membangun suasana yang menyenangkan supaya tidak badmood. Cobalah untuk mendengarkan musik yang dapat membuat anda merasa senang dan nyaman. Berbincang dan sharing dengan sahabat yang telah hamil lebih dulu atau orang yang lebih berpengalaman akan memberikan ketenangan. Ngobrol bersama mereka akan membantu anda mengawali masa kehamilan dengan wawasan yang cukup. 

Perubahan fisik
Pada masa ini perut anda tidak serta merta membuncit. Bahkan orang lain bisa jadi belum menyadari kehamilan anda, karena perut akan mulai tampak membuncit pada bulan keempat. Perubahan yang sangat terasa adalah ukuran payudara yang berubah cukup pesat. Bra anda akan terasa kekecilan dan tidak nyaman. Mulailah mengenakan bra dengan ukuran yang lebih besar supaya anda tidak merasa sesak nafas. Peningkatan berat badan anda juga belum terlalu tinggi. Apalagi jika anda mengalami morning sickness yang cukup berat, biasanya justru berat badan akan turun. Setelah trimester pertama berlalu dan morning sickness ndaberkurang, selera makan akan pulih dan rasa mual mulai berkurang. Saat itu anda dapat menyantap berbagi jenis makanan dan asupan bergizi dengan lebih nikmat, sehingga berat badan pun akan bertambah.

0 komentar: