Senin, 18 Maret 2013

APA ITU DARAH MANIS ?

Darah manis prurigo adalah salah satu penyakit yang bisa di bilang menjengkelkan bila sudah tak terkontrol lagi. Penyakit ini tidak berbahaya, tapi membuat penderita merasa risih, tidak nyaman, bahkan tidak percaya diri. Dapat dimaklumi karena pada kulitnya timbul bentol-bentol kehitaman dan menebal, terutama di daerah anggota badan (ekstrimitas).Penderita darah manis sering mengalami gatal-gatal tanpa sebab misal terkena ulat bulu/ digigit serangga istilah darah manis sebetulnya kurang tepat yang tepat adalah prurigo. Namun penderita darah manis disenangi serangga yaitu nyamuk. Ada anak yang sudah mulai terjangkit sejak berumur dua tahunan, ada pula yang baru kena pada umur lima tahun. Anak laki-laki lebih rentan daripada anak perempuan, meski belum jelas apa sebabnya.
Penyakit darah manis ini bersifat warisan gatal-gatal itu biasanya muncul di:
  • Kulit tungkai
  • Lengan bawah
  • Dahi
  • Pipi
  • Kulit perut, dan
  • Bokong.
Garukan sengit itu menimbulkan lecet, disusul kelainan kulit lanjutan. Kelainan ini yang menyisakan masalah. Pada kulit akan timbul semacam kerak, kulit berwarna lebih gelap, disusul infeksi berupa bisul-bisul alit. Setelah bisul sembuh, biasanya menyisakan bintik hitam yang tak lenyap sepanjang hayat.
Prurigo adalah penyakit kulit yang ditandai dengan gejala gangguan kulit berbentuk papula dan nodul atau ukurannya bervariasi, berwarna kecokelatan hingga kehitaman (hiperpigmentasi), berlangsung lebih 6 minggu dan bersifat kambuhan. “Karena Prurigo bersifat residif (mudah kambuh), diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam mengobati penyakitnya.
Selain mengkonsumi jus daun sirsak dan kulit manggis ace maxs penderita darah manis juga harus :
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E minimal selama 3 bulan
  • Memperbanyak asupan buah dan sayur yang mengandung betakaroten, misalnya pisang, telur, asparagus, bawang putih, dan bawang bombai.
  • Minum air putih secukupnya dan sering.(air yang dibutuhkan manusia dewasa perhari minimal 8gelas)
Pantangan Makanan atau yang perlu dihindari oleh penderita darah manis diantaranya: Yang perlu dihindari adalah minuman dan makanan manis, makanan dari terigu, gorengan, soft drink, dan alkohol

0 komentar: