Rabu, 06 Maret 2013

FAKTOR PENYEBAB DIABETES

Faktor penyebab diabetes bermacam-macam mulai dari faktor genetik (keturunan), faktor dari luar seperti virus dan bahan beracun, sampai gaya hidup sehari-hari.
Sekitar 95% kasus diabetes di Indonesia adalah diabetes II. Kondisi ini membuktikan banyaknya anggota masyarakat yang menerapkan gaya hidup kurang sehat. Misalnya, tidak mengatur pola makan (banyak mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan makanan dengan kandungan gula tinggi).
Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes:

A. Faktor Genetik (Keturunan)
Seseorang memiliki risiko terserang diabetes jika salah satu atau kedua orangtuanya adalah diabetesi. Anak laki-laki memiliki kemungkinan menjadi penderita, sedangkan anak perempuan merupakan gen dan memiliki kemungkinan mewariskan ke anak-anaknya.

B. Faktor Usia
Orang yang berusia diatas 40 tahun lebih rentan terserang diabetes. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang berusia dibawah 40 tahun terbebas dari penyakit ini.

C. Pola Makanan dan Kegemukan
Makan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat memicu diabetes. Terutama jika asupan kalori berlebihan. Makanan berkalori tinggi dapat menganggu stimulasi sel-sel beta pankreas dalam mengeluarkan insulin. Asupan lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi juga mendorong munculnya penyakit ini.

D. Stres
Stres dapat memberikan dampak antagonis terhadap fungsi insulin. Para ahli dari Karolinska Institute, Swedia menemukan bahwa pria dengan tingkat stres psikologi tinggi memiliki risiko dua kali lipat mendertita diabetes tipe II dibandingakn dengan yang tingkat stres psikologinya rendah.

E. Jarang Berolahraga
Berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Antara lain karena dapat mencegah kegemukan yang merupakan salah satu penyebab diabetes tipe II. Bagi diabetesi, olahraga secara teratur bisa berfungsi untuk menormalkan kadar gula darah.

F. Kehamilan
Diabetes yang muncul saat hamil dapat menimbulkan dampak buruk pada bayi yang dikandung. Terutama jika tidak segera dilakukan pengobatan secara benar. Diabetes bisa muncul hanya selama masa kehamilan atau berlanjut pasca melahirkan.

G. Rokok dan Minuman Beralkohol
Rokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko diabetes II. Zat kimia nornikotin (salah satu zat yang mudah menguap – volatil) yang terdapat pada rokok dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Perokok berat yang menghabiskan lebih dari satu bungkus rokok per hari memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

H. Virus dan Bakteri
Virus penyebab diabetes antara lain rubela mumps, dan human coxackievirua B4. Virus ini dapat menyerang melalui reaksi auto-imunitas yang menghilangkan auto-imun dalam sel beta. Bisa juga melalui infeksi sitolitik dalam sel beta, yang mengakibatkan destruksi atau perusakan sel.

I. Bahan Toksik (Beracun)
Bahan beracun yang dapat merusak sel beta antara lain alloxan, rodentisida, dan streptozoctin (produk dari sejenis jamur). Selain itu, sianida yang berasal dari singkong.

0 komentar: