Minggu, 03 Maret 2013

KENALI APA ITU KOLESTROL

Mengapa kolesterol menjadi penyakit? Kondisi ini terjadi karena hiperkolesterolemia dimana kadar lipid atau lemak didalam darah itu terlalu tinggi atau melewati batas yang ditentukan. Bila kondisi itu sudah terjadi kita harus menrukan kolesterol kita karena hal itu adala pemicu untuk memunculkannya berbagai jenis penyakit, biasnya ditandai oleh pusing – pusing ringan di kepala.
Bagaimana caranya untuk mencegah dan menurunkan kolesterol? Itu urusan mudah  “sesuatu yang berlebihan itu tidak akan baik’ dari kalimat tersebut itu menunjukan kepada kita untuk tidak berlebihan untuk menjalani segala tindakan baik bersikap, pola makan, tidur, dll.
Cara menurunkan kolesterol yang sudah terlanjur tinggi
  1. Konsumsi makanan – makanan yang rendah lemak, misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak, kacang – kacangan, teh hijau, tomat, buah delima, yoghurt yang mengandung probiotik, anggur, plum, blueberry dan hindari dulu konsumsi daging – dagingan. Pada intinya dasar untuk merunkan kolestrol  adalah memilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh.
  2. Serat dalam tubuh juga sangat dibutuhkan apalagi untuk menurunkan kolesterol, lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, sayur – sayuran dan buah – buahan semakin terserap juga kolesterol yang berlebihan didalam tubuh kita  dan dengan mudah dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui saluran pembuangan.
  3. Bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol namun masih bersahabat dengan rokok dan alkohol itu adalah hal yang sia – sia, karena terus mengkonsumsi hal itu membuat  kolesterol semakin mudah dan terus menerus menumpuk dalam aliran darah, jadi bila ingin kolesterol turun hindarilah dari rokok dan alkohol.
  4. Diet bagi orang yang memilki kolesterol dirasakn cukup penting karena dengan mengatur pola makan agar lebih teratur dapat membuat mindset kita berubah untuk lebih peka terhadap makanan yang akan kita konsumsi.
  5. Dan yang terkahir adalah berolahraga dengan kita terus berolahraga tubuh kita pun selalu tergerak untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita sehingga otomatis kolesterol yang mengendap dalam aliran darah tubuh pun ikut terbakar.

0 komentar: